Lucky Charms Heart

Kesepian di tengah Keramaian

Seperti yang kita ketahui, setiap sesuatu biasanya di dahului dengan penyebab, bahkan kadang banyak penyebab, begitupun dengan kesepian. Sebagian orang mungkin tidak mengetahui apa penyebab dari rasa kesepian tersebut.  Merasa kesepian, padahal mereka sendiri berada di tengah-tengah keramaian. Terkadang pula, ingin sekali melakukan segala sesuatu sendiri, tak ingin merepotkan orang lain. 

Sebenarnya, rasa keterasingan, kesunyian ditengah keramaian, merasa kesepian dalam kesendirian akan terkikis secara emosional apabila kita memiliki hubungan yang hangat dengan Allah, Yang Maha Kasih. Ketiadaan hubungan kepada yang Maha Kasih inilah yang menimpa banyak orang sehingga begitu mudahnya terseret pada situasi putus asa bahkan sampai bunuh diri. Hal ini menunjukkan betapa dangkal dan lemahnya iman seseorang dalam menghayati hidup.


Dalam pandangan Islam, mereka telah terperosok dalam 'pinggiran' dimensi spiritual yang mampu menangkap dan merasakan kehadiran Allah Subhanahu Wa Ta'ala dalam dirinya, namun tidak bisa berfungsi. Hatinya telah tertutupi oleh nafsu bagi masuknya cahaya dan kasih sayang Allah sehingga mereka juga kehilangan kasih sayang yang ada pada dirinya.

Perasaan kesepian tersebut dapat juga bersumber dari hilangnya makna hidup, "The Meaning of Life." Secara fitri, manusia memiliki kebutuhan akan makna hidup. Makna hidup dimiliki oleh seseorang manakala ia memiliki kejujuran dan merasa hidupnya dibutuhkan oleh orang lain dan merasa mampu dan telah mengerjakan sesuatu yang bermakna untuk orang lain.

Selain itu, perasaan sepi itu bisa muncul karena merasa hidup tak bermakna, dan hubungan dengan manusia lain terasa hambar karena ketiadaan ketulusan hati. Kesepian yang berkepanjangan, dapat menyebabkan manusia  menderita gangguan kejiwaan berupa kebosanan, bosan kepada kepura-puraan, bosan kepada kepalsuan, tetapi ia tidak tahu harus melakukan apa untuk menghilangkan kebosanan itu.

Banyak cara untuk mengatasi rasa kesepian tersebut, kesepian di tengah keramaian. Diantaranya adalah sebagai berikut :

- Allah SWT telah menjawabnya dalam Al Qur’an surah Ar Ra’d ayat 28 yang artinya : “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram”. 
Menurut ayat tersebut, solusinya adalah zikrullah (mengingat Allah SWT). 
Zikir ada tiga, zikir hati yakni dengan mengingat Allah dan berbagai nikmat-Nya, zikir lisan yakni dengan banyak menyebut/memuji Allah SWT (ucapan yang lazim adalah : Subhannallah, Alhamdulillah, Laa ilaha illa Llah, Allahu Akbar), dan zikir amal, yakni dengan melakukan apa yang diperintahkan-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Niscaya dengan zikir kepada Allah pada tiga jenis zikir tersebut, hati kita tidak pernah lagi merasa kesepian (tenang).

- Ingatkan diri kita tentang bakat yang membuat kita bangga pada diri sendiri.

- Laksanakan kegiatan yang selama ini kita dambakan. Pandai dalam suatu bidang akan membangkitkan rasa percaya diri.

- Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

- Bergabung dengan grup yang punya minat yang sama.

- Sibukkan diri dengan pekerjaan sukarela. Dengan kegiatan ini, kita akan lebih memikirkan apa yang bisa kitaberikan kepada orang lain, daripada memikirkan apa yang bisa kita dapatkan dari orang lain.

- Jangan terlalu kritis terhadap orang lain. Jika kita mengharap bertemu dengan orang yang sempurna, kita akan menunggu selamanya.

- Selalu tersenyum, karena senyum itu sendiri merupakan ibadah.

    Allah si pencipta manusia, tentu lebih tahu bagaimana cara membuat kita tenang daripada diri kita sendiri.  Mengatasi rasa sepi bukan tergantung pada apa yang ada di luar kita, tapi pada apa yang ada di dalam hati/perasaan kita. Perasaan kita yang harus dikelola dengan zikir kepada Allah SWT. Itulah satu-satunya jawaban jika hati kita ingin tenang dan terhindar dari rasa kesepian, sebagaimana yang tertera dalam Al Qur’an Surah 13 ayat 28 di atas.

    Jadi, jika kita ingin terhindar rasa sepi, dekatilah Allah yang memiliki hati kita. Bermesraanlah dengan Allah dan nikmati kebersamaan kita dengan Allah dengan banyak berzikir. Sifat pemalu atau tidak pemalu,  banyak atau sedikitnya teman, menikah atau tidak menikah, bukan faktor utama seseorang terhindar dari rasa kesepian.  Semoga hati kita selalu mendapat "Nur", cahaya dari Allah, sehingga jauh dari rasa kesepian dalam hidup ini. Amin.

    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • Twitter
    • RSS

    15 Response to "Kesepian di tengah Keramaian"

    1. Ummiega says:
      5 Juni 2010 pukul 21.28

      Alhamdulillah, dapat pencerahan...

    2. ♥ ßèt¥ - ひかり♥ says:
      5 Juni 2010 pukul 22.09

      Terima kasih.. :)
      Semoga hati kita slalu diberi kedamaian.. Amiin..

    3. Anonim Says:
      18 Juni 2010 pukul 09.11

      ^_^

    4. Anonim Says:
      18 Juni 2010 pukul 09.15

      Itu imagenya kok kasian amat ya....lonely....

    5. helman says:
      21 Juni 2010 pukul 12.04

      sepi menurut 2 sisi, segi jasmani dan rohani. dan dua duanya harus terpeuhi. Takutnya kalo g seimbang maka akan mempengaruhi sisi yg lainnya. Tapi emang sih kadang hingga sering manusia lebih memilih yang secara nyata atao fisik

    6. helman says:
      21 Juni 2010 pukul 12.05

      sepi menurut 2 sisi, segi jasmani dan rohani. dan dua duanya harus terpeuhi. Takutnya kalo g seimbang maka akan mempengaruhi sisi yg lainnya. Tapi emang sih kadang hingga sering manusia lebih memilih yang secara nyata atao fisik

    7. helman says:
      21 Juni 2010 pukul 12.05

      sepi menurut 2 sisi, segi jasmani dan rohani. dan dua duanya harus terpeuhi. Takutnya kalo g seimbang maka akan mempengaruhi sisi yg lainnya. Tapi emang sih kadang hingga sering manusia lebih memilih yang secara nyata atao fisik

    8. bonk AVA says:
      23 Juni 2010 pukul 17.52

      picnya keren coy.....

    9. yudha says:
      2 Juli 2010 pukul 10.20

      dapet informasi berharga disini
      thanks :)

    10. Wibisono Arisan Blackberry says:
      12 Juli 2010 pukul 12.03

      Artikel yang menarik sekali, semoga sukses selalu dan saya tunggu kunjungan anda di website saya.thx

    11. BRI Jakarta Veteran says:
      26 Juli 2010 pukul 12.42

      terkadang memang kita perlu juga tuk menyendiri tp bukan kesepian ....

    12. Pendaftaran Credit Card says:
      13 Agustus 2010 pukul 22.17

      Menyendiri memang asik, namun menyepi sungguh tidak asik... Ingat bro...

    13. Cerita aja says:
      14 Agustus 2010 pukul 05.29

      bagus banget ini nyadarin aku makasih yaa! btw salam kenal ya, jangan lupa mampir ke postinganku yang judulnya "Minta Tolong" Gees!

    14. munir ardi says:
      14 Agustus 2010 pukul 11.42

      semoga nggak bakal kesepian lagi sahabat

    15. Yohan Wibisono says:
      21 September 2010 pukul 14.25

      Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang penyembuhan dan kesehatan di blogku : http://www.TahitianNoniAsia.net, silahkan kunjungi, mudah-mudahan manfaat

    Posting Komentar

    Silahkan berkomentar..
    Dan dapatkan back link gratisnya.. :))

    """""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
    "Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularitas blog anda secara cepat dan tak terbatas...?... Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! Klik disini-1 dan disini-2 "
    """""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
    javascript:void(0)