Lucky Charms Heart

Kaitan Emosi dengan Jantung Koroner

Apakah emosi Anda dapat membuat Anda beresiko menderita penyakit jantung koroner? Sebenarnya masih perlu dilakukan lebih banyak penelitian untuk dapat lebih memahami mekanisme hubungan antara emosi negatif dengan penyakit jantung. Namun, para peneliti menduga bahwa hormon stres efinefrin dan norefinefrin memainkan peranan yang signifikan (Januzzi & DeSanctis, 1999; Melani, 2001).

Emosi yang berupa kemarahan dan kecemasan memicu kelenjar adrenal untuk melepas hormon-hormon tersebut, yang kemudian menggerakkan sumber-sumber tubuh untuk mengatasi  situasi yang mengancam. Mereka meningkatkan detak jantung, frekuensi pernafasan, dan tekanan darah. Hal tersebut kemudian meningkatkan aliran darah yang kaya oksigen ke otot untuk mempersiapkan tindakan pertahanan, lawan atau lari menghadapi stressor yang mengancam.

Apabila orang terus menerus mengalami kegelisahan atau kemarahan, pelepasan hormon-hormon stres pun terus berlanjut, yang akhirnya dapat menimbulkan kerusakan pada jantung dan pembuluh darah. Hormon stres juga dapat meningkatkan kepekatan faktor pembekuan darah, sehingga dapat meningkatkan kemungkinan terbentuknya sumbatan yang membahayakan dalam pembuluh darah (Januzzi & DeSanctis, 1999).

Kecemasan dan kemarahan juga membahayakan sistem kardivaskular melalui peningkatan kadar kolesterol dalam darah, yaitu zat lemak yang menyumbat arteri dan meningkatkan resiko serangan jantung (Suinn, 2001).

Orang yang tingkat hostilitasnya tinggi (suatu sikap yang ditandai dengan kecenderungan untuk menyalahkan orang lain dan menilai dunia dengan pandangan negatif) cenderung memiliki tekanan darah yang lebih tinggi. Tekanan darah tinggi tersebut (hipertensi) merupakan faktor resiko utama serangan jantung dan stroke.


Sumber :
Nevid, J.S., dkk. 2002. Psikologi Abnormal. Jakarta: Erlangga 
http://2.bp.blogspot.com/-LgeRfYeytro/Te83dbefDcI/AAAAAAAAANU/hNvbPBznvTY/s1600/jantung_2.jpg 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Kaitan Emosi dengan Jantung Koroner"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar..
Dan dapatkan back link gratisnya.. :))

"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularitas blog anda secara cepat dan tak terbatas...?... Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! Klik disini-1 dan disini-2 "
"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
javascript:void(0)