Lucky Charms Heart

Usia Senja

Usia senja “bertambah seiring dengan berlalunya’’, demikian ungkap penyair William Carlos William dalam salah satu buku syair yang ditulis antara stroke pertamanya di usia 68 tahun dan kematiannya di usia 79 tahun (Papalia, 2008:874). Santrock (2002:187) menambahkan bahwa.
Irama dan arti dari perkembangan masa dewasa akhir, ketika setiap dari kita berdiri sendirian di jantung bumi dan tiba-tiba hari sudah senja. Kita melepaskan masa muda dan ditelanjangi oleh waktu sampai pada kebenaran. Kita belajar bahwa kehidupan dijalani dengan melangkah maju tetapi dipahami dengan memandangnya ke belakang. Kita berusaha merunut hubungan antara akhir dan awal kehidupan serta berusaha memahami apa yang hendak disampaikannya sebelum kehidupan sendiri itu usai. Akhirnya, kita mengetahui bahwa kita adalah apa yang tinggal.

Seperti yang telah disampaikan Santrock dalam buku Life Span Development,  masa dewasa akhir adalah masa ketika kita merenungi apa yang telah kita lakukan di rentang kehidupan sebelumnya dan mempersiapkan diri menghadapi kematian.
Pertambahan usia di masa ini menyebabkan penurunan fungsi fisik dan kognitif seseorang. “Kebanyakan perubahan fisik pada lansia mengalami hal yang sama, misalnya rambut yang memutih, kulit keriput, dan gigi yang tanggal. Pada periode ini penurunan fungsi organ tampak jelas” (Meutia, 2010). Meutia juga menyimpulkan bahwasannya.
Ada pebedaan perubahan individual yang menonjol sebagai akibat dari usia lanjut, dengan penuaan yang bersifat fisik mendahului penuaan psikologis yang merupakan kejadian yang bersifat umum. Perubahan fisik termasuk perubahan dalam penampilan, perubahan yang berada pada sistem organ dalam, perubahan dalam fungsi psikologis, perubahan pada sistem syaraf, perubahan penampilan, dan kemampuan seksual. Perubahan yang bersifat sangat umum terhadap kemampuan motorik, termasuk perubahan kekuatan fisik dan kecepatan dalam bergerak, bertambahnya waktu yang diperlukan untuk belajar keterampilan, konsep dan prinsip baru, dan ada kecenderungan sikapnya canggung dan kikuk. Sementara itu banyak hal- hal yang menyebabkan perubahan kemampuan mental, kurangnya rangsangan lingkungan dan kurang motivasi terhadap kesadaran mental yang ada untuk membedakan kondisi yang paling bersifat umum dan paling serius.

Sumber :
  • Hurlock. 1980. A Life-Span Approach. Jakarta: Erlangga.
  • Papalia. 2008. Human Development. Jakarta: Kencana.
  • Santrock, John W. 2002. Life-Span Development. Jakarta: Erlangga.
  • http://default.tabloidnova.com/files/article/photo/13561_bugar1056.JPG%20so_resize.jpg

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

2 Response to "Usia Senja"

  1. jersey grade ori says:
    30 Mei 2013 pukul 05.20

    nice article

  2. spare part hsp says:
    30 Mei 2013 pukul 05.21

    blog walking sis, nice blog na nih

Posting Komentar

Silahkan berkomentar..
Dan dapatkan back link gratisnya.. :))

"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
"Ingin meningkatkan traffic pengunjung dan popularitas blog anda secara cepat dan tak terbatas...?... Serahkan pada saya..., Saya akan melakukannya untuk anda GRATIS...! Klik disini-1 dan disini-2 "
"""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""
javascript:void(0)